Taman Hutan Raya (TAHURA)

Wisata alam Taman Hutan Raya atau TAHURA tidak hanya ada di Bandung saja, ada juga Taman Hutan Raya (TAHURA) yang letak nya di Yogyakarta di bagian selatan, tepatnya berada di Kabupaten Gunung Kidul, terletak di Desa Gading di Kecamatan Playen. Wisata alam di Jogja yang satu ini terletak di Jl. Raya Jogja-Wonosari sehingga tidak sulit akses dan menemukan tempat ini jika yang ingin berkunjung.

Jika ditempuh dari Kota Jogja, untuk tiba di Taman Hutan Raya (TAHURA) anda hanya akan menempuh waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 30 km menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Sebenarnya destinasi wisata ini termasuk ke dalam kawasan Hutan Bunder sehingga dikenal juga dengan tempat wisata TAHURA Bunder atau disebut dengan Hutan Bunder saja.

Daya Tarik Taman Hutan Raya (TAHURA)

Seperti pada berbagai tempat wisata alam di Jogja lainnya, Taman Hutan Raya (TAHURA) menawarkan berbagai pemandangan alam yang sangat indah, pohon-pohon dengan kokoh menjulang tinggi dan memberikan kesan kesejukan kepada orang-orang yang melewatinya. Banyak para pecinta alam yang melakukan camp di tempat ini, tak jarang juga kawanan rombongan anak pramuka yang menyewa tempat ini untuk camping.

Selain melihat berbagi pepohonan, di Taman Hutan Raya (TAHURA) ini juga terdapat konservasi rusa timor (cervus timorensis) yang menjadi daya tarik nya. Terdapat juga persemaian bibit pepohonan dan tempat penyulingan minyak kayu putih. Fasilitas di tempat wisata ini juga sudah memadai, terdapat beberapa fasilitas umum seperti rest area, papan petunjuk, denah, WC umum, musholla, dan lain-lain. Untuk menelusuri hutan anda diperbolehkan untuk menggunakan jalan setapak, sudah terpasang juga penunjuk jalan agar tidak tersesat di hutan.

Taman Hutan Raya (TAHURA) mempunyai spot wisata yang sangat cocok digunakan untuk foto model, rekreasi dengan keluarga, pre wedding, dan lainnya. Harga tiket masuk nya juga murah kok! Tak heran jika tempat wisata ini selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Bahkan katanya berdasarkan penduduk disana, tempat ini akan terus mengalami perluasan dan dibuat seperti kebun binatang.