Puncak Dipowono

Jika kita membicarakan wisata alam di Jogja, sepertinya memang tidak ada habis-habisnya. Misalnya saja, kini di Kabupaten Kulonprogo tepatnya di Desa Hargowilis yang berada di Kecamatan Kokap, terdapat tempat wisata baru yang bernama Puncak Dipowono. Tempat wisata ini berupa gardu pandang pemandangan alam yang mirip-mirip dengan Kalibiru dengan ketinggian 700 mdpl. Untuk tiba di Puncak Dipowono, anda bisa menempuh waktu sekitar 1 – 2 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 40 km dari Kota Jogja jika tidak macet.

Aktivitas Menarik Berlibur di Puncak Dipowono

Wisata alam Puncak Dipowono menawarkan berbagai pemandangan yang indah, tidak berbeda jauh dengan Kalibiru, destinasi wisata ini juga menawarkan pemandangan dengan latar Waduk Sermo dari sisi yang berbeda. Tidak hanya gardu pandang saja, anda juga akan disuguhi dengan berbagai fasilitas outbond seperti flying fox yang memacu adrenalin, dan lain-lain.

Puncak Dipowono merupakan spot favorit untuk menikmati senja di sore hari ketika cuacanya cerah. Sebagai saran saja, sebaiknya anda mengunjungi Puncak Dipowono pada weekday karena pada weekend atau hari libur, jumlah pengunjung akan membludak dan kawasan wisata akan terasa sesak daan penuh padahal tempat wisata alam di Jogja yang satu ini masih terbilang baru dan fasilitas nya sangat terbatas lho.

Banyak area foto-foto, rumah pohon, dan gazebo yang bisa anda gunakan untuk umum. Dari area tersebut anda bisa melihat pemandangan daerah Wates, Bantul, dan Kota Jogja dari ketinggian lho. Para wisatawan yang berjiwa petualang juga diperbolehkan untuk bermalam dan mendirikan tenda pada tempat yang sudah disediakan, biayanya gratis namun anda harus konfirmasi dan minta izin terlebih dahulu pada pengelola setempat.

Untuk masuk ke kawasan Puncak Dipowono ini, anda hanya akan dikenakan biaya Rp 12.000,- per orang nya saja. Murah bukan? Udara di Puncak Dipowono sangat sejuk, belum lagi ketika angin nya cukup kencang, pastinya anda akan dibuat nyaman dan betah tidak mau pulang pada destinasi wisata ini. Jika cuacanya cerah tidak berkabut, anda juga akan disuguhi pemandangan kawasan laut selatan Jogja lho!