Kebun Teh Nglinggo

Jika kita ingin berkunjung ke Kebun Teh, tidak harus berkunjung ke kawasan puncak Bogor, anda juga bisa berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo yang letaknya di Yogyakarta, tepatnya berada di Desa Nglinggo pada Kecamatan Samigaluh di Kabupaten Kulon Progo. Tempat wisata ini juga cukup dekat dijangkau dari Kota Jogja, hanya membtuhkan waktu kurang lebih 0,5 jam hingga 1 jam saja untuk menempuh jarak sekitar 18 km. Rute jalan nya juga cukup mudah, anda bisa menggunakan rute Jalan Godean hingga menemukan papan petunjuk Kebun Teh Nglinggo.

Eksotisme Alam Kebun Teh Nglinggo

Tempat wisata alam di Jogja yang satu ini menawarkan berbagai keindahan alam berupa hamparan tanaman teh dengan udara yang sangat sejuk. Kebun Teh Nglinggo berada pada ketinggian 800 mdpl, ketinggian yang pas dan cukup untuk melihat berbagai pemandangan alam, anda akan disuguhi pemandangan berupa Gunung Merapi, Gunung Merabu, Gunung Prau, Gunung Slamet, dan lain-lain.

Pemandangan tersebut sangat cocok jika dinikmati di pagi hari ketika cuacanya cerah. Fasilitas gardu pandang nya juga sudah memadai dan sudah disediakan pada tempat khusus lho. Sayangnya untuk tiba di puncak, track jalan nya memang cukup melelahkan karena masih didominsi dengan berbagai batuan dan tanah liat. Tapi, dibalik kelelahan tersebut, dijamin deh anda pasti akan banyak dibuat takjub ketika tiba di puncak!

Untuk masuk ke kawasan wisata Kebun Teh Nglinggo, anda hanya akan dikenakan biaya kurang lebih Rp 3.000,-. Kawasan ini buka setiap hari dari pukul 07.00 – 18.00. Tidak jauh dari bukit kebun nya, anda juga bisa melihat proses pengolahan tanaman teh menjadi teh yang sudah siap diseduh. Sesekali anda juga akan melihat para warga yang sedang menanam atau memetik daun teh nya. Eits! Harus diingat juga jangan sampai anda merusak beberapa tanaman teh yang sedang ditanam warga ketika berjalan menuju puncak ya.

Tersedia juga warung-warung makan seperti kedai kopi atau pun kedai teh yang asli hasil dari Kebun Teh Nglinggo sehingga jangan khawatir jika anda kelaparan dan tidak membawa banyak bekal. Untuk mengantisipasi udara yang dingin, sebaiknya datang dengan menggunakan jaket atau pakaian yang tebal, dan jangan gunakan alas kaki yang licin ya!