Hutan Wanagam

Salah satu wisata alam di Jogja yang selalu ramai peminatnya ketika weekend dan hari liburan adalah Hutan Wanagama. Destinasi wisata ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di desa Banaran yang berada di Kecamatan Playen. Untuk tiba di Hutan Wanagama, anda hanya akan menempuh waktu kurang lebih 1 jam perjalanan jika jalan nya tidak macet dengan jarak kurang lebih 28 km dari Kota Jogja.

Keindahan Hutan Wanagama

Ternyata, hutan ini sudah ada dari sejak tahun 1964, bahkan ada salah satu pohon jati yang ditanam oleh Pangeran Charles saat mengunjungi Hutan Wanagama pada tahun 1989 lho! Tak heran jika tempat wisata ini sudah dikenal oleh dunia sejak zaman dulu. Tak hanya pohon jati saja, Hutan Wanagama juga berisi berbagai jenis pohon yang berasal dari berbagai daerah. Pada awal masuk gerbang, anda akan disuguhi dengan pemandangan pepohonoan akasia, pohon minyak kayu putih, pohon pinus, dan lain-lain.

Selain refreshing menyusuri isi hutan dengan tanaman bervariasi dengan pemandangan alam yang sangat indah, salah satu wisata alam di Jogja ini juga sangat cocok dijadikan spot olahraga misalnya olahraga jalan santai sambil menyusuri hutan. Anda juga bisa bertemu dengan hewan-hewan liar seperti ungga, kera, dan reptil khas Hutan Wanagama, tenang saja! hewan nya jinak kok!

Ada tiga sumber aliran mata air yang berada di Hutan Wanagama, diantaranya Sendang Ayu, Oya, dan Banyu Tibo. Sumber aliran mata air ini sangat bermanfaat bagi warga, selain itu aliran mata air nya juga jernih sehingga tidak merugikan bagi orang yang memanfaatkannya. Tidak hanya mata air saja yang bermanfaat bagi warga, pemerintah setempat juga menerapkan sistem kemitraan sehingga warga setempat diperbolehkan untukĀ  menanam rumput dan tanaman lainnya.

Padahal, sebenarnya dulu hutan ini adalah tempat yang sangat tandus lho! Tidak hanya melihat pemandangan hutan yang indah, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sudah memadai. Bagi anda yang membawa anak berlibur, anak anda bisa bermain-main di spot out bond dan camping ground. Harga tiket masuk nya juga dirasa sangat murah mengingat fasilitasnya sudah lengkap yaitu hanya di banderol harga Rp 5.000,- per orang nya saja. Murah bukan?