Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang kekinian. Tempat wisata ini dapat ditempuh dari Kota Jogja dengan jarak sekitar 27 km dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam jika jalanan tidak macet dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hutan Pinus Mangunan ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Mangunan, berada di Kecamatan Dlingo.

Pada awalnya, yang mengetahui wisata Hutan Pinus Mangunan ini hanya segelintir warga lokal saja, namun setelah kepopulerannya di media sosial, banyak sekali wisatawan yang berkunjung dari luar kota, apalagi di saat tahun baru kemarin, sudah saja tempat ini banjir dengan wisatawan.

Keindahan Hutan Pinus Mangunan

Siapa sih yang tidak takjub melihat pemandangan indahnya hutan pinus? Apalagi jika anda berada di tengah-tengah hutan pinus yang berdiri sangat kokoh. Tempat wisata alam ini tidak hanya menawarkan deretan pohon pinus layak nya di seri film Twilight saja, namun terdapat juga beberapa spot yang memang dibuat sedemikian rupa untuk berfoto. Jika anda tidak takut ketingian, anda juga bisa mencoba berfoto dan menaiki rumah pohon.

Banyak para pasangan yang menggunakan tempat ini sebagai tempat pra wedding, digunakan anak-anak sekolah untuk foto tahunan, dan lain-lain. Tempat wisata yang buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB ini juga dekat lokasinya dengan Kebun Buah Mangunan sehingga jika anda mengunjungi tempat ini, bisa sekalian mampir ke tempat-tempat lainnya.

Sebagai tempat wisata alam di Jogja yang terkenal, Hutan Pinus Mangunan juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti tempat parkir yang luas, musholla, warung-warung makan, petunjuk jalan, papan informasi, rest area, dan lain-lain. Untuk masuk ke kawasan ini anda hanya akan dikenakan biaya parkir saja sesuai dengan kendaraan yang anda bawa.

Ketika anda berkunjung, sebaiknya membawa jaket atau menggunakan pakaian yang tebal karena udara disana cukup dingin. Sebagai saran saja, sebaiknya jangan mengunjungi destinasi wisata ini ketika musim hujan karena jalanan akan becek dan penuh dengan lumpur. Kawasan Hutan Pinus Mangunan ini juga sangat dikelola dengan baik sehingga tidak ada sampah yang berserakan.